Saturday, May 31, 2014

Tips Dan Cara Merawat Rambut

Rambut adalah mahkota yang dimiliki wanita maupun pria, baik rambut panjang atau pendek. Merawat rambut memang sangat penting agar rambut tetap tampak sehat dan indah, serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan rambut seperti ketombe, rambut bercabang dan kerontokan. Untuk merawat rambut, kebanyakan orang rela mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke salon kecantikan dan melakukan beberapa perawatan rambut yang tersedia di salon. Padahal anda perlu waspada dengan produk perawatan rambut yang tersedia di salon, karena tidak semua produk perawatan rambut cocok dengan jenis rambut anda, bahkan ada pula produk perawatan rambut yang dapat membuat rambut kering dan rontok secara perlahan. Beberapa faktor lainnya yang dapat menyebabkan rambut kering dan rontok adalah terkena sinar matahari langsung, pemakaian hairdryer, penggunaan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut anda hingga pewarnaan rambut dan produk perawatan rambut yang beredar di masyarakat.

Jika anda lebih teliti merawat rambut sejak dini, anda akan memiliki rambut yang sehat, lebat dan indah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, di era modern seperti saat ini justru banyak produk perawatan rambut yang dapat merusak rambut meski di awal dapat membuat rambut tampak cantik lebih instan. Padahal ada pula Perawatan Rambut Rontok dan kering dengan bahan alami yang lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan sudah dipakai sejak dahulu.

Untuk mengembalikan rambut indah anda, ada beberapa Cara Merawat Rambut secara alami menggunakan bahan alami yang baik untuk kesehatan rambut, seperti berikut:

Minyak Alami.

Untuk merawat rambut anda dapat menggunakan minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak almond. Penggunaan minyak alami untuk rambut, tidak hanya dapat merawat rambut kering dan rontok saja namun dapat menjaga kelembaban rambut. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak alami setelah keramas, lalu bungkus rambut menggunakan kain yang telah direndam di air hangat, diamkan sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Minyak Zaitun.

Minyak zaitun dipercaya dapat melembutkan dan menjaga kesehatan rambut. Caranya hanya dengan mengaplikasikan minyak zaitun hangat pada seluruh permukaan rambut sebelum keramas, diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan cara keramas. Untuk hasil maksimal dapat gunakan minyak zaitun dua kali dalam seminggu.

Mayones.

Mayones tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga dapat melembutkan rambut dan menjaga agar rambut tidak rontok. Caranya dengan keringkan terlebih dahulu rambut yang telah dikeramas, oleskan mayones pada permukaan rambut, bungkus rambut menggunakan shower cap atau handuk panas, diamkan sekitar 25 menit lalu bilas hingga bersih.

Alpukat.

Alpukat tidak hanya bermanfaat untuk melembutkan rambut, tetapi juga dapat melembabkan rambut. Caranya hanya dengan memblender alpukat, lalu campurkan dengan dua butir putih telur, aduk hingga merata lalu aplikasikan pada permukaan rambut secara merata, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

Selain beberapa Cara Merawat Rambut rontok dan kering seperti diatas, adapula yang perlu anda terapkan sehari-hari, seperti berikut:
  • Kurangi perawatan ke salon kecantikan.
  • Jangan mengikat rambut saat tidur.
  • Jangan keramas setiap hari, minimal 2 kali sehari.
  • Sisir rambut dengan benar dan pilih sisir dengan pangkal yang tidak keras.
  • Hindari berkeramas menggunakan air hangat.
  • Hindari penggunaan hairdryer, catokan dan peralatan rambut lainnya.
Sumber : SitKes.com

0 comments:

Post a Comment