Saturday, May 31, 2014

Tips Dan Cara Memutihkan Gigi

Merawat kesehatan gigi memang sudah dianjurkan sejak lama dan disarankan untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi, agar tidak mengalami berbagai masalah kesehatan gigi, seperti gigi kuning, gigi keropos, gigi berlubang dan lain-lain. Masalah pada kesehatan gigi memang akan mengganggu hari-hari anda, terlebih lagi ketika gigi anda kuning tentu akan membuat anda merasa tidak pede, dan menandakan bahwa anda tidak rajin menjaga kesehatan gigi. Masalah gigi kuning jika tidak diatasi secara tepat dan cepat dapat berdampak pada kesehatan mulut lainnya. Masalah gigi kuning juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti malas menggosok gigi atau menggosok gigi yang dilakukan dengan cara yang tidak benar, terlalu sering mengkonsumsi kopi dan teh, perokok, menggunakan obat tetes mata secara berlebihan, sering mengkonsumsi minuman suplement, dan beberapa faktor lainnya.

Masalah gigi kuning tidak bisa dianggap sepele, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut di kemudian hari. Maka dari itu anda perlu merawat gigi dengan tepat. Namun pada umumnya orang-orang ingin cara yang praktis, maka dari itu mereka memilih Cara Memutihkan Gigi menggunakan pemutih gigi bahkan menggunakan laser untuk memutihkan gigi. Namun anda tidak boleh sembarangan, sebab pemakaian pemutih gigi yang tidak cocok justru akan membuat gigi kuning dan memperparah keadaan gigi anda. Padahal tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan melakukan cara yang berbahaya, masih banyak Tips Memutihkan Gigi Secara Alami yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain rajin menggosok gigi dengan benar dan memeriksakannya ke dokter gigi, ada pula cara alami memutihkan gigi yang dapat dipraktekkan sehari-hari dan sangat mudah, seperti berikut:

Strowberi.

Buah stroberi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Kandungan asam malat pada buah stroberi dapat mengubah warna putih pada gigi. Caranya sangat mudah, selain hanya mengkonsumsi stroberi seperti biasa, juga dapat dengan cara menumbuknya lalu menggosokkan ke permukaan gigi, diamkan sekitar 5-10 menit, lalu sikat gigi menggunakan pasta. Namun cara tersebut jangan rutin dilakukan, sebab kandungan asam malat dapat merusak email gigi.

Apel.

Buah apel berfungsi sebagai sikat gigi alami untuk memutihkan gigi. Caranya hanya dengan mengkonsumsi buah apel, sebab ketika anda mengunyah buah apel maka gigi akan bergesekan dengan buah apel dan juga dapat membantu mengangkat noda tanpa merusak gigi. Selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi buah apel juga sangat baik untuk memutihkan gigi.

Keju.

Produk fermentasi dari susu seperti keju dan yoghurt bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kandungan kalsium pada susu dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan menjaga warna gigi tetap putih.

Baking Soda.

Baking soda memang dipercaya dapat memutihkan warna gigi, namun jika dilakukan terlalu sering justru dapat merusak warna alami pada gigi. Maka dari itu gunakan baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Cara yang perlu dipraktekkan hanya dengan menggosokkan baking soda ke permukaan gigi, diamkan selama 10 menit lalu sikat gigi menggunakan pasta.

Siwak.

Sudah sejak zaman dahulu siwak digunakan sebagai sikat gigi sekaligus dapat memutihkan gigi. Semua dahan atau akar pohon dapat digunakan sebagai siwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

Selain mempraktekkan beberapa Cara Memutihkan Gigi seperti diatas, yang perlu anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah menjaga kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi dengan cara yang benar, hindari minuman berkafein tinggi, hindari alkohol dan berhenti merokok.

Sumber : SitKes.com

0 comments:

Post a Comment